Berakhir Imbang 0-0 Lawan Vietnam, Timnas Indonesia U-22 Wajib Menang Lawan Kamboja

Heroik, itulah satu kata yang bisa mewakili Timnas Indonesia U-22 saat lawan Vietnam di gelaran Sea Games 2017. Meski berakhir dengan skor kacamata, itu artinya kurang memuaskan, tapi hasil ini lebih dari cukup karena Garuda Muda harus bermain dengan 10 orang setelah  Hanif Sjahbandi mendapat kartu kuning kedua menit ke 62.

Sejak kartu merah dikeluarkan wasit, Vietnam seakan menggila. Terus menyerang dan menyerang lewat penyerang utamanya, Nguyen Phong Hong dan Ho Tuan Tai. Beruntung kiper Indonesia, Kurniawan Kartika Aji berhasil menyelematkan gawangnya dari kebobolan lewat peluang terbaik Vietnam di menit 87.

Kartika Aji awalnya menggantikan Satria Tama yang cedera di menit 70. Pergantian yang cukup membuat was-was karena Satria Tama pun bermain sangat gemilang di babak pertama hingga awal babak kedua. Total ia berhasil menyelamatkan 3 kali peluang emas dari Vietnam. Namun Aji berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih Luis Milla.

Sementara penyerang naturalisasi Ezra Walian tak bisa menampilkan permainan terbaik. Ia ditarik pada menit 52 untuk digantikan Marinus Mariyanto. Ketiadaan Evan Dimas pun pengaruhnya terlihat signifikan terhadap alur bola di lini tengah. Absennya pemain yang mendapat akumulasi kartu ini membuat lini depan tidak mendapat suplai bola maksimal.

Wajib Menang

Hasil ini membuat Indonesia wajib menang di pertandingan terakhir Grup B melawan Kamboja. Itupun dengan catatan Thailand dan Vietnam yang juga akan bertanding di laga terakhir tidak bermain mata untuk bermain imbang. Jika ini terjadi — dengan asumsi Indonesia menang lawan Kamboja — poin Indonesia, Thailand, dan Vietnam akan sama, yaitu 11. Peringkat kemudian akan ditentukan oleh produktivitas gol. Ini artinya, Indonesia harus menang telak lawan Kamboja kalau ingin lolos. Kemungkinan lain, Indonesia cukup menang 1-0, asalkan antara Thailand dan Vietnam ada yang kalah.

Tahiland sendiri berhasil memuncaki klasemen sementara Grub B setelah menang 2-0 atas Filipina. Di susul Vietnam di posisi runner up, menyusul Indonesia di peringkat ketiga. Berikut klasemen lengkapnya:

Pos Team Pld W D L GF GA GD Pts Qualification
1  Vietnam 4 3 1 0 12 1 +11 10 Semi-finals
2  Thailand 4 3 1 0 7 1 +6 10
3  Indonesia 4 2 2 0 5 1 +4 8
4  Philippines (E) 4 1 0 3 2 9 −7 3
5  Timor-Leste (E) 3 0 0 3 0 6 −6 0
6  Cambodia (E) 3 0 0 3 1 9 −8 0