Nasib-Nasib “the Next Messi” Kini

Soal Messi, semua pasti sudah tahu siapa dia. Bersama Ronaldo dia bersaing ketat jadi yang terbaik di dunia. Bisa dikatakan keduanya belum bisa tergantikan dan selalu jadi ukuran kalau ada pemain berbakat yang mirip, baik dari sisi gaya bermain, teknik, skill, maupun postur.

Pemain-pemain seperti ini biasanya dilabeli “the Next” yang artinya diprediksi (kemudian) untuk menggantikan si mega bintang saat pensiun nanti. Akan tetapi, tidak semua prediksi itu akurat. Bahkan sering kali meleset, seperti yang terjadi terhadap pemain-pemain yang dijuluki “the Next Messi” berikut ini. Sempat digadang-gadang akan sehebat Messi, mereka justru biasa saja. Lebih parah lagi, banyak yang terpuruk. Siapa saja mereka?

 

Bojan Krkic

(Sumber gambar: www.deportivoalaves.com)

Pemain ini sebenarnya memenuhi syarat sebagai the Next Messi. Lulusan akademi La Masia dan berhasil memecahkan pemain Argentina tersebut sebagai pemain termuda yang bermain di tim senior, yaitu 17 tahun 19 hari seperti dilansir Fourfourtwo.com (27/10/2017). Selain itu mereka pun pernah bermain bersama-sama pada kurun waktu 2007-2011. Sayang, performa pemain blasteran Spanyol-Serbia ini terus menurun. Setelah bertualang ke liga Italia, Belanda, Inggris, dan Jerman, Bojan akhirnya kembali ke La Liga dan kini hanya bermain untuk tim sekelas Alaves sebagai pemain pinjaman dari Stoke City.

Gerard Deulofeu

(Sumber gambar: www.espnfc.com)

Saat berkarier di Barcelona B dan La Masia, ia kerap dibanding-bandingkan dengan Lionel Messi karena sama-sama mampu bermain sebagai penyerang sayap kanan dan false nine. Kini, dirinya memang kembali memperkuat tim senior Barca (bahkan sudah bermain bersama Messi sendiri) setelah melalui jalan panjang sebagai pemain pinjaman di Everton, Milan, dan Sevilla. Tapi jika harus tetap disebut The Next Messi, rasa-rasanya itu sudah mulai tak relevan lagi karena karier sepakbolanya yang tak sehebat Messi di usia yang kini menginjak 23 tahun (Messi di umur ini sudah mendapat gelar FIFA Balon D’Or 2010 dan 2011).

Alen Halilovic

(Sumber gambar: www.eldiario.es)

Pemegang rekor pemain debutan termuda di tim nasional senior Kroasia ini digadang-gadang sebagai The Next Messi dari Kroasia. Talentanya di lini tengah maupun sebagai penyerang sayap memang sangat luar biasa. Ini membuat Barcelona pun merekrutnya. Tapi di Barca ia justru tak berkembang pesat dan hanya sekali bermain untuk tim senior . Akhirnya The Next Messi dari Kroasia ini menjadi pemain pinjaman menuju Sporting Gijon, Hamburg SV, Las Palmas dan bersamaan itu embel-embel The Next Messi mulai luntur darinya. Permainan Alen dianggap kurang meyakinkan, dan tragisnya ia kini ia terkena cedera Malleolar sehingga harus absen hingga akhir 2017 nanti, dilansir Fourfourtwo.com (27/10/2017).

Gai Asulin

(Sumber gambar: www.squawka.com)

Nama ini mungkin cukup asing. Meski begitu, ia benar-benar punya kemiripan dengan Messi; postur tubuh, gaya bermain hingga produktivitas di level junior. Berseragam Barcelona B periode 2007-2010 dengan 67 pertandingan dan torehan 13 gol bukanlah hal buruk. Kelincahannya pun dianggap mirip Messi. Akan tetapi, kariernya terus menurun saat tidak berhasil menembus tim utama dan memutuskan pindah ke Manchester City. Kini ia bermain di Sabadell, klub penghuni Segunda Division B.

Juan Manuel Iturbe

(Sumber gambar: bleacherreport.com)

Kecil, cepat, lincah dan sama-sama dari Argentina. Ia seharusnya paling tepat menjadi Messi baru. Namun kariernya tak seperti prediksi media. Ia hanya bermain di klub-klub semenjana karena tak sanggup memoles bakat hebatnya. Kini ia bermain untuk klub AS Roma dan sedang mengalami masa peminjaman di klub Meksiko, Tijuana.

 

Leave a Reply